9 Cara agar sukses untuk mengatur waktu

 

1. Selesaikan Pekerjaan Paling Penting Terlebih Dahulu

Menyelesaikan yang paling penting terlebih dahulu. Barulah setelahnya disusul dengan berbagai hal lainnya. Ini akan menjadi pola pikir yang memudahkan Anda dalam mengelola pekerjaan. 

2. Jangan Membuang Waktu untuk Berbagai Hal Kecil

Memeriksa pekerjaan secara detail memang sangat penting. Namun, akan sangat menghabiskan waktu jika Anda melakukannya setiap saat. Sementara pekerjaan tersebut belum juga selesai dikerjakan. Lakukan pekerjaan Anda dengan teratur dan sesuai dengan poin-poin yang seharusnya. Selanjutnya, Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk memeriksanya kembali setelah semuanya selesai dikerjakan.


3. Pekerjaan/Tugas yang Berkaitan

Lakukan pekerjaan yang memiliki keterkaitan antara satu dan yang lainnya sehingga Anda bisa berkonsentrasi sekaligus dan menyelesaikannya secara berurutan.

4. Belajar untuk Mengatakan “Tidak”

Mulailah berkomitmen untuk menolak berbagai kegiatan atau hal yang akan menyia-nyiakan sejumlah waktu Anda yang berharga dengan percuma.

5. Selesaikan Lebih Awal

Jangan suka menunda-nunda pekerjaan atau melakukan pekerjaan secara terburu-buru. Ini akan membuat Anda berisiko untuk melakukan kesalahan dan juga berbagai hal lainnya yang mengurangi nilai dari pekerjaan yang sedang Anda tangani.

6. Jangan Selalu Terpaku pada Daftar Tugas

Jika memiliki kebiasaan untuk menuliskan daftar tugas harian, bukan berarti Anda harus mengerjakannya tanpa henti dan tanpa jeda sama sekali. Anda bisa saja fokus pada daftar tersebut, tetapi tetap saja harus meluangkan sejumlah waktu yang cukup untuk istirahat dan berpaling sejenak sebelum akhirnya melanjutkan tugas-tugas yang menanti.

7. Miliki Waktu Tenang

Ini adalah sejumlah waktu sepi dan hening yang akan membawa Anda ke dalam sebuah suasana yang tenang dan juga teduh. Anda bisa mendengarkan semua keinginan dan juga ketenangan di dalam diri Anda sendiri.

8. Tidur Minimal 6-7 Jam Sehari

Jangan sepelekan waktu tidur Anda dengan melakukan berbagai hal yang tidak berguna, semisal begadang yang tak ada artinya atau berselancar di dunia maya hingga pagi. Berbagai hal tersebut akan mengganggu jam tidur Anda.

9. Buat semuanya Lebih Terorganisir

Mulailah untuk merapikan berbagai hal tersebut, terutama yang menyangkut pekerjaan Anda.

Mulailah secara perlahan, apalagi jika selama ini kita hidup jauh dari kata teratur dan terbiasa untuk melakukannya. namun jika terus di lakukan nanti kita akan terbiasa untuk mengatur waktu kita. Selamat mencoba :)

thank you. semoga bermanfaat.


Komentar